Algoritma Kriptografi Klasik: Caesar Chiper

Di post sebelumnya, saya sudah menulis sekilas tentang kriptografi. Di situ dijelaskan bahwa salah satu elemen kriptografi adalah algoritma kriptografi. Pada post kali ini, saya ingin berbagi tentang algoritma kriptografi klasik, Caesar Chiper atau Sandi Caesar.
Image Source: https://yusrilardi.files.wordpress.com


Caesar Chiper adalah algoritma kriptografi klasik yang dahulu digunakan oleh Julius Caesar untuk mengirimkan pesan rahasia atau taktik militer. Caesar Chiper disebut juga Sandi Geser sebab huruf-huruf dalam plainteks digantikan oleh huruf lainnya dalam posisi tertentu dalam susunan alfabet. Pada waktu itu, Julius menggeser sebanyak 3 huruf. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar di bawah ini.


Jadi huruf chiper pada algoritma Caesar adalah hasil pergeseran sekian huruf dari huruf asli.

Dalam gambar di atas, kasusnya adalah mengubah plainteks KRIPTOGRAFI menjadi chiperteks dengan kunci pergeserannya adalah 3 huruf. Setelah di kriptografikan hasilnya adalah NUSWRJUDIN.

Sekarang bagaimana cara mengubah Chiperteks menjadi Plainteks pada algoritma Caesar Chiper?

Caranya sangat mudah, jika kita sudah memiliki kuncinya maka tinggal menggeser huruf sebanyak kunci, kemudian menempatkan huruf plainteks di bawahnya.

Contoh:

Sebuah Chiperteks berbunyi: PWNUYTLWFKN
Algoritma Caesar Chiper kunci: 5
Plainteks: ?
Jawab:

Algoritma Caesar Chiper dengan pergeseran huruf sebanyak 13 buah persis dengan sandi AN pada kegiatan pramuka. Bagi yang pernah ikut pramuka pasti tahu sandi AN atau sandi A=N

Sekian post tentang salah satu Algoritma Kriptografi Klasik: Caesar Chiper. InsyaAllah ada beberapa Algoritma Klasik lain yang akan dipost di blog ini.

Tetap Growing Smart With Information.

5 comments: