Tutorial Helix3 (1): Sekilas Tentang Helix3 2009 R1




APAKAH HELIX ITU?
Helix 3 adalah system operasi berbasis Linux yang dikembangkan dari distro linux Ubuntu Pengembang Helix 3 adalah e-Fense Inc., sebagai system operasi khusus untuk kegiatan forensik. Helix3 dibundel dengan banyak tool-tool forensik baik yang sifatnya open source atau pun closed source. Helix3 hadir dalam dua versi, versi gratis dan versi berbayar yang dua-duanya dikembangkan oleh e-Fense Inc.
MODE OPERASI HELIX
Helix3 memiliki dua mode operasi

  1. Bootable Pada mode ini, Helix3 berjalan seperti Ubuntu dengan versi bootablenya. Caranya adalah dengan booting komputer melalui Helix. Pada mode ini pengguna bisa memilih antara mencoba Helix3 dalam bentuk trial dari CD atau menginstal Helix3 ke komputer. Fitur yang didapat pada mode bootable lebih lengkap karena Helix3 berjalan seperti system operasi pada umumnya.
  2. Live CD Mode live CD didapatkan apabila menjalankan Helix3 pada system operasi windows dengan mengklik file helix.exe pada CD helix3. Helix akan berjalan seperti aplikasi pada umumnya dengan berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. Helix3 sudah dites dan diuji di beberpa versi Windows 98SE, Windows NT4, Windows 2000, Windows XP, dan Vista.

DIMANAKAH BISA MENDAPATKAN HELIX?

Helix3 dapat diunduh secara gratis untuk versi free-nya ataupun dibeli untuk versi berbayarnya dari website e-Fensea Inc. yang beralamat di:

http://www.e-fense.com/products.php 

Pada tutorial kali ini akan dijelaskan penggunaan helix3 secara Live CD pada system operasi windows 7. Meskipun kedua system operasi ini ; Helix3 dan Windows 7 dikeluarkan pada tahun yang sama.

MEMULAI PENGGUNAAN HELIX3
PERSIAPAN
  1. Mendownload ISO Helix
    File ISO Helix bisa didownload di website: http://www.e-fense.com/products.php
  2.  Burn ISO Helix ke CD atau Bootable Flash
    • Bila kita ingin menggunakan Helix dalam bentuk Live CD, kita bisa menuliskan ISO Helix ke dalam CD dengan menggunakan aplikasi ISO Burner atau NERO Burning ROM.
    • Bila kita ingin menggunakan Helix dengan bootable flashdisk, kita bisa membuat bootable flashdisk sekaligus menulis ISO Helix3 padanya dengan menggunakan aplikasi rufus atau unetbootin.
  3.  Masukan CD-Helix ke Komputer Target
    Setelah Selesai menuliskan Helix ke dalam CD atau Flashdisk langkah selanjutnya adalah memasukkan CD/FD Helix ke komputer target kemudian buka windows Eksplorernya.

MEMBUKA HELIX
Bukalah drive yang memuat Helix kemudian doubleclick Helix.exe sehingga tampil jendela berikut:

Icon helix akan muncul di sudut kanan bawah monitor. Bila Helix ter-minimize, cukup klik dua kali icon tersebut dan helix pun akan tampil.


Pilih tombol Accept kemudian akan muncul halaman berikut ini.

 


Artikel Terkait lainnya.
Artikel di atas adalah sebagian dari tutorial yang saya tulis. Untuk dapat mendownload tutorialnya gratis silakan merujuk link berikut:
Watch on Youtube

No comments:

Post a Comment